Kamis, 01 Desember 2011

KAMMI DAN HARI AIDS

1 Desember! Apa yang kita peringati dihari tersebut?? Ya, Hari aids sedunia. Penyakit menular yang merusak sistim imun ini belum diketahui obatnya sampai sekarang. Menurut data terbaru yang diperoleh dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hingga Juni 2011 ada 26.483 penderita  AIDS di Indonesia.  Fenomena aids ini ibarat gunung es ditengah laut, terlihat sedikit dipermukaan, namun sebenarnya masih banyak penderita yang tidak terdeteksi di bawahnya. Aids bisa menular melalui hubungan sex tidak aman dan penggunaan jarum suntik bersamaan. Aids tidak akan menular lewat interaksi sosial seperti bertatap muka, makan dengan piring yang sama, ataupun berjabat tangan.
Dalam aksi di bundaran HI 1 desember 2011, KAMMI melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan menyatakan empat sikap. Pertama, meminta pemerintah untuk menjamin ketersediaan akses layanan bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang tidak diskriminatif dan komprehensif. Hal ini meliputi informasi, obat-obatan, maupun konseling dengan petugas kesehatan.
Kedua, adanya implementasi pendidikan dalam pendidikan formal terkait reproduksi dan hak seksualitas guna mencegah penularan HIV/AIDS sejak dini. Ketiga, memberikan pencerahan moral dan keagamaan untuk menghindari seks bebas dengan menggandeng tokoh agama dan tokoh masyarakat. Terakhir, terjaminnya pembentukan crisis center/shelter untuk anak dan perempuan dan layanan kesehatan yang memadai.
Penularan Aids bisa dicegah, dengan tidak mengucilkan penderitanya (ODHA) melainkan dengan memerangi cara penularannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar